Kekurangan Dan Kalebihan Sistem Pertanian Organik

On 66/100:2

Pada pengembangan sistem budi daya apa ‘pun. tentunya terdapat kekurangan maupun kelebihan jika diperbandingkan dengan sistem I budi daya sebelumnya. Demikian puia budi daya tanaman dengan menggunakan sistem pertanian organik memiliki kekurangan dan keiebihan jika dibandingkan dengan sistem pertanian 3 nonorganik yang diterapkan pada sistem pertanian konvensional.

1. Kekurangan Sistem Pertanian Organik Beberapa kekurangan atau kelemahan yang terdapat pada Sistem pertanian organik, antara llain 1 sebagai berikut; ‘ a. Menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, terutama untuk pengendalian hama dan penyakit. Karena pengendalian hama dan penyakit masih dilakukan secara manual. Jika memakai pestisida alami, perlu dibuat sendiri karena pestisida ini belum tersedia di pasaran.

Tanaman yang dihasilkan dari sitem pertanian organik umumnya kurang bagus karena berukuran Ilebih kecil dan daun berlubanglubang jika dibandingkan dengan tanaman yang dipelihara secara nonorganik.

2. Kelebihan Sistem Pertanian Organik

Namun demikian, di samping ada kekurangan atau kelemahannya, Sistem pertanian organik iuga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihannya, antara lain:

a. Tanaman yang dihasilkan pertanian organik memiliki rasa yang lebih manisjika dibandingkan dengan tanaman nonorganik.Kekurangan dan Kaleblhan 8m. Pertanian Organik Pada;pengembangan sistem budi daya apa pun. tentunya terdapat kekurangan maupun kelebihan jika diperbandingkan dengan istem budi daya sebelumnya. Demikian puia budi daya tanaman dengan menggunakan sistem pertanian organik memiliki kekurangan dan keiebihan jika dibandingkan dengan sistem pertanian  nonorganik yang diterapkan pada sistem pertanian  konvensional. 1. Kekurangan Sistem Pertanian Organik Beberapa kekurangan atau kelemahan yang terdapat pada Sistem pertanian organik, antara llain 1 sebagai berikut; ‘ a. Menyerap tenaga kerja yang lebih banyak, terutama untuk pengendalian hama dan penyakit. Karena pengendalian hama dan penyakit masih dilakukan secara manual. Jika memakai pestisida alami, perlu dibuat sendiri karena pestisida ini belum tersedia di pasaran.

b; Tanaman yang dihasilkan dari sitem pertanian organik umumnya kurang bagus karena berukuran Ilebih kecil dan daun berlubanglubang jika dibandingkan dengan tanaman yang dipelihara secara nonorganik.

2. Kelebihan Sistem Pertanian Organik

Namun demikian, di samping ada kekurangan atau kelemahannya, Sistem pertanian organik iuga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihannya, antara |ain:

a. Tanaman yang dihasilkan pertanian organik memiliki rasa yang lebih manisjika dibandingkan dengan tanaman nonorganik.

b. Hasil tanaman pertanian organik harga jualnya Iebih mahal.

c. Pada pelaksanaannya sistem pertanian organik sama sekali tidak memakai pupuk maupun pestisida dari bahan kimia sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan, baik pencemaran tanah, air, maupun udara, dan hasil yang diperoleh tidak mengandung bahan kimia beracun.

About Author

monde
"My inspiration for interior design is more historical than traditional"

Related Post

Leave Reply